Menikmati Senja di Gedong Pass Getasan

Kabupaten Semarang memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi. Salah satunya adalah wisata alam yang memiliki daya tarik tersendiri. Jika anda memilih untuk traveling ke sebuah daerah dengan pemandangan yang indah di Kabupaten Semarang, maka tak perlu pergi jauh - jauh. Coba saja main ke sebuah destinasi wisata yang sedang hits, yaitu Gedong Pass atau biasa disebut G-PASS.
Gedong Pass atau G-PASS
Gedong Pass atau G-PASS terletak di Dusun Gedong, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Salah satu objek wisata alam di Kabupaten Semarang yang mulai terkenal. Daya tarik yang disajikan tempat ini salah satunya adalah gardu pandang dengan bentuk menyerupai perahu yang terbuat dari bambu. Spot foto instagramable membuat banyak wisatawan penasaran, apalagi bagi mereka yang suka dengan selfie.

Karena penasaran saya pun ke Gedong Pass beberapa waktu yang lalu bersama keponakan dan temannya. Berbekal Google Maps, kami berempat naik motor berangkat sekitar jam 15.00 dari Ambarawa menuju Gedong Pass. Perjalanan kami melewati JLS (Jalan Lingkar Salatiga) kemudian belok kanan ke arah Getasan. Dari Salib Putih terus naik, tapi sebelumnya ditengah perjalanan kami berhenti untuk mengisi bensin. Setelah itu perjalanan dilanjutkan sampai di perempatan Koramil Getasan, lalu kami mengambil jalan lurus menuju dusun Ngelo - Ngaduman.

Jalan yang kami lalui memang banyak melewati dusun dengan jalan yang berkelok-kelok sedikit terjal. Sampai di pertigaan ada papan petunjuk ke arah G-PASS, kemungkinan kalau tidak ada papan petunjuk kami sudah tersesat, karena disini banyak pertigaan. Sebelum masuk ke lokasi Gedong Pass, kami harus melewati dulu hutan pinus dengan jalan yang berbatu dan menanjak.

Setelah melewati medan yang cukup melelahkan, akhirnya kami sampai juga di Dusun Gedong. Lalu kami memarkirkan motor di tempat parkir yang sudah disediakan oleh penduduk setempat. Dan untuk masuk ke lokasi wisata Gedong Pass (G-PASS), kami dikenai biaya Rp. 5.000/orang, dan untuk biaya parkirnya kami tidak perlu membayar lagi alias gratis.
Tempat parkir untuk para pengunjung G-PASS
Dari tempat parkir, kami pun langsung menuju lokasi wisata Gedong Pass (G-PASS). Di Gedong Pass ada beberapa spot foto yang bisa pengunjung gunakan. Selain spot foto yang keren, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan Rawa Pening dari ketinggian sambil menikmati segarnya udara pegunungan.
Spot foto G-PASS
Gedong Pass atau G-PASS berada di lereng Gunung Merbabu dengan ketinggian sekitar 1800 mdpl, menjadikan dusun ini kadang kala diselimuti kabut. Di tempat ini mengandalkan gardu pandang sebagai obyek utamanya. Namun, keunikan yang membuat Gedong Pass ini ngehits di sosial media adalah gardu pandang yang berbentuk perahu yang berdiri kokoh di tepi bukit.
Gardu pandang berbentuk perahu

Pengunujung yang berfoto di spot ini tentu terlihat sedang naik perahu raksasa yang sedang mengarungi negeri diatas awan. Di atas gardu pandang berbentuk perahu ini saya juga berfoto sambil menikmati sunset.
Naik perahu mengarungi negeri di atas awan
Tak mau ketinggalan, kami pun mencoba foto-foto di semua spot yang ada di Gedong Pass, seperti gardung pandang berbentuk menara, spot foto berbentuk hati (love), dan yang tak kalah menarik adalah gardu pandang berbentuk perahu.
Beberapa spot foto yang ada di Gedong Pass (G-PASS)
Selain dapat menikmati pemandangan alam dari ketinggian di gardu pandang yang berbentuk perahu, pengunjung juga dapat menikmati segarnya air terjun di Desa Ekowisata Gedong. Bukan hanya satu, namun terdapat tiga air terjun yang masih alami. Tapi sayang, waktu itu kita berempat datangnya sudah terlalu sore, jadi kita tidak bisa ke air terjun. Mungkin lain waktu, saya akan berkunjung lagi ke Desa Ekowisata Gedong, untuk meng-explore air terjunnya.
Senja di Gedong Pass (G-PASS)
Hingga saat ini Desa Ekowisata Gedong terus didatangi puluhan bahkan ratusan pengunjung setiap harinya, terlebih saat akhir pekan akan dipadati pengunjung.

Nah, bagi anda yang hobi selfie atau foto-foto datanglah ke Gedong Pass atau G-PASS yang menjadi salah satu pesona wisata di Kabupaten Semarang. Anda akan sangat di manjakan dengan spot-spot foto yang kekinian, dan di jamin tidak rugi deh pokoknya.

Untuk menuju ke Gedong Pass (G-PASS) ini, kita bisa menggunakan rute akses jalan mengikuti jalur yang terdapat di dalam peta di bawah ini, yang bisa disesuaikan dari tempat pemberangkatan kita.
 

Desa Ekowisata Gedong / Gedong Village Eco-Tourism merupakan sebuah desa terindah di Indonesia yang berada di ketinggian 1800 dpl dilereng Gunung Merbabu. Gedong Village Eco-Touirism mengusung tag-line "Paradise Start Here" atau "Surga Dimulai Disini". Wisatawan akan merasakan sebuah ketenangan dan damainya hidup selaras dengan alam. Gedong Village Eco-Tourism dikelola berbasis masyarakat dengan prinsip pengembangan 3S Spiritual, Sustainbility dan Serenity. Dari sini wisatawan dapat melihat keindahan Sunirise, Sunset serta indahnya 9 Gunung dan birunya Rawa Pening. Agrowisata petik sendiri tanaman khas Gedong, Edukasi susu sapi perah yang merupakan susu terbaik se-Jawa Tengah, dan dapat melakukan petualangan seru menuju ke 3 titik lokasi air terjun.


Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog Pesona Kabupaten Semarang.
Menikmati Senja di Gedong Pass Getasan Menikmati Senja di Gedong Pass Getasan Reviewed by Nandang Pitoyo on 19.08 Rating: 5

2 komentar:

  1. cakep bener pemandangannya yaaaa...akk belum pernah ke sinii..jauh nggak ya Mas dari Ungaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Dewi Rieka : Mungkin dari Ungaran sekitar 1,5 jam. Ayo mbak kesini, aku juga belum sempat explore 3 air terjun di daerah situ.

      Hapus

Berkomentarlah secara bijak, jangan melakukan SPAM

Diberdayakan oleh Blogger.