Menikmati Pesona Wisata Alam Posong Temanggung

Seperti biasa setiap bulannya saya memiliki jadwal pergi ke Wonosobo untuk menengok anak. Hari ini waktunya untuk menengok anak, untuk itu saya berangkat dari Ambarawa sekitar jam 07.00 pagi menuju Wonosobo. Ditengah perjalanan menuju ke Wonosobo, tepatnya di daerah Kledung, saya melihat cuaca yang cerah, sehingga pemandangan gunung Sumbing maupun gunung Sindoro tampak begitu indah. Kebetulan cuaca lagi cerah, untuk itu saya putuskan mampir dulu di Wisata Alam Posong.
Wisata Alam Posong Temanggung
Sebenarnya saya sudah lama tau tentang Wisata Alam Posong ini, tapi baru kali ada kesempatan untuk mengunjunginya. Posong merupakan kawasan wisata di Kabupaten Temanggung, letaknya di kaki Gunung Sindoro, Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Daya tarik utama tempat ini adalah pemandangan alam dan keindahan sunrise maupun sunset.

Setelah sampai di gerbang loket pembayaran, kita harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiketnya sebesar Rp. 7.000/orang sudah termasuk parkir sepeda motor. Untuk menuju ke Wisata Alam Posong, dari gerbang loket pembayaran, kita masih harus melewati jalan bebatuan yang telah disusun rapi dipadatkan dengan medan sedikit menanjak sejauh 3,5 kilometer. Meski begitu para pengendara sepeda motor tetap fokus dan berhati-hati saat melewati jalur ini, tak jarang bagi pengguna kendaraan motor yang berboncengan harus menerima motor yang dikendarainya tak kuat menanjak.
Pintu Gerbang Loket Pembayaran (sumber)
Selama perjalanan para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan panorama gunung Sindoro sehingga perjalanan terasa mengasyikan serta tidak membosankan. Selain pemandangan pegunungan, pemandangan berupa pemandangan ladang perkebunan penduduk yang cukup luas dengan terasering yang tampil apik. Tidak ada bangunan rumah disepanjang perjalanan menjadikan suasana tampak alami dan terasa berada di alam bebas. Beberapa tanaman perkebunan dan pertanian di sekitar Posong yang ditanam oleh penduduk sekitar antara lain kopi, cengkeh, tembakau, dan sayur-sayuran.
Kondisi jalan bebatuan menuju ke Wisata Alam Posong (sumber)
Setelah menempuh perjalanan sekitar setengah jam, akhirnya sampai juga di lokasi Wisata Alam Posong. Saya langsung menuju ke area parkir untuk memarkirkan kendaraan, setelah itu saya langsung mulai berfoto ria di dekat area parkir dan melihat keindahan alam yang luar biasa.
Pemandangan dari area parkir

Jalan menuju ke Taman Wisata Alam Posong
Dari lokasi parkir saya langsung meneruskan perjalanan ke atas. Disana terdapat sebuah tempat yaitu Taman Wisata Alam Posong. Untuk masuk ke taman ini, kita harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 bonus sebuah stiker.
Pintu masuk area Taman Wisata Alam Posong
Didalam taman ini terdapat banyak sekali spot-spot untuk berfoto, selain itu sudah ada beberapa gazebo yang nyaman sebagai tempat melepas lelah sambil menikmati indahnya panorama di sekitaran Wisata Alam Posong. Jika para pengunjung merasa lapar dan haus disini juga sudah ada beberapa warung makan. Selain itu juga ada fasilitas untuk Outbond, Trekking, Flying fox, Jembatan Aldewis dan lain sebagainya. Di area wisata alam ini juga di sediakan toilet dan mushola sebagai fasilitas pendukung bagi pengunjung.
Taman Wisata Alam Posong
Gazebo tempat beristirahat
Kedai kopi
View Gunung Sumbing

Camping ground dan Gardu pandang

Foto dari gardu pandang
View gunung Sindoro dari gardu pandang
Wisata Alam Posong ini sangat cocok untuk tempat rekreasi bersama keluarga, teman, pacar dan dijamin tak mengecewakan. Namun perlu diingat lagi, untuk bisa mendapatkan view yang sempurna, berkunjunglah saat musim kemarau, bila musim hujan pasti anda hanya mendapatkan kabut.

Setelah puas berfoto-foto dan menjelajahi seisi objek Wisata Alam Posong ini, saya langsung turun ke area parkir dan melanjutkan perjalanan ke Wonosobo. Ditengah perjalanan pulang, saya berhenti untuk berfoto, karena pemandangannya yang indah.
Foto dulu dengan view gunung Sumbing

Baca juga : Tempat Wisata di Singapura : Tempatwisata.biz.id
Menikmati Pesona Wisata Alam Posong Temanggung Menikmati Pesona Wisata Alam Posong Temanggung Reviewed by Nandang Pitoyo on 15.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah secara bijak, jangan melakukan SPAM

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.