Menikmati Pesona Cemoro Sewu dan Gumuk Reco Sepakung

Setelah selesai merayakan Natal bersama keluarga, kebetulan masih ada libur sehari (cuti bersama). Di sisa liburan ini, saya manfaatkan untuk pergi jalan-jalan. Tujuan jalan-jalan kali ini adalah ke tempat wisata yang terbilang masih baru yaitu Cemoro Sewu dan Gumuk Reco di Desa Wisata Sepakung.

Kebetulan jarak antara rumah sampai lokasi wisata tidak terlalu jauh, saya pergi mengajak keponakan serta temannya. Sekitar jam 10.30, kami bertiga naik dua sepeda motor berangkat dari Ambarawa menuju ke Cemoro Sewu (tujuan pertama) dan Gumuk Reco (tujuan kedua). Semua lokasi wisata tersebut berada di wilayah Desa Wisata Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

Singkat cerita, setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit, dengan melewati jalan berkelok terjal dan curam, karena lokasinya di daerah pegunungan. Akhirnya sampailah kami di pintu gerbang obyek wisata Cemoro Sewu Sepakung. Untuk masuk ke obyek wisata Cemoro Sewu ini, kita harus membayar Rp. 5.000/orang dan biaya parkir motor Rp. 2.000/motor.

Cemoro Sewu Sepakung



Cemoro Sewu merupakan objek wisata yang berada di Dusun Djingkol, Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Obyek wisata Cemoro Sewu ini telah dibuka untuk umum pada bulan Februari 2017 dan menjadi salah satu obyek wisata di Desa Wisata Sepakung.

Cemoro Sewu berada di kaki gunung Telomoyo dan terletak di ketinggian 900 meter diatas permukaan laut (DPL). Untuk mencapai bukit Cemoro Sewu, dari pintu gerbang kita harus berjalan kaki meniti jalan setapak naik ke atas bukit sejauh 200 meter dengan tingkat kemiringan 45 derajat.
Pintu gerbang dan jalan menuju bukit Cemoro Sewu
Sebelum sampai puncak, kita akan menemui gardu pandang pertama. Di gardu pandang ini kita bisa menikmati pemandangan alam yang indah. Hijaunya pepohonan cemara, view danau Rawa Pening dan perpaduan persawahan disekitarnya semakin melengkapi keindahan bukit Cemoro Sewu ini. Tidak cuma itu saja, karena ini di daerah pegunungan maka suasana dan udaranya pun sangat sejuk.
Gardu pandang pertama dan pemandangannya 
Tidak jauh dari gardu pandang pertama, terdapat sebuah batu besar yang letaknya persis ditebing bukit. Disini kita bisa duduk santai diatas batu sambil merenungkan apa saja yang telah kita lakukan di tahun 2017 dan memikirkan resolusi di tahun 2018. Tapi harap berhati-hati, karena dibawah batu besar terdapat jurang yang dalam. Usahakan untuk pengambilan foto jangan terlalu ke tepi batu.
Batu besar di tepi tebing Cemo Sewu
Beranjak dari batu besar, kita melanjutkan perjalanan menuju puncak bukit. Sesekali kita mengabadikan moment selama dalam perjalanan naik ke atas bukit, banyak sekali spot-spot foto yang telah disediakan seperti tulisan “Sepakung Lembah Telomoyo”, gerbang love dari rangkaian bunga, rumah pohon, sangkar burung, dan masih banyak lagi.
Spot-spot foto yang ada di Cemoro Sewu
Ditempat ini juga terdapat sebuah warung yang berjualan minuman. Jadi, para pengunjung tak perlu khawatir bila kehausan. Bila lelah mendaki, kita bisa istirahat di gazebo yang sudah disediakan.
Spot sangkar burung
Meskipun lelah mendaki bukit, tapi rasa lelah itu akan hilang ketika kita sampai dipuncak bukit. Disini terdapat gardu pandang yang menjulang tinggi, dan di sinilah semua panorama bisa terlihat, mulai dari terasering persawahan, view danau Rawa Pening dan lereng pegunungan Telomoyo. Bahkan tempat inilah yang paling menarik untuk foto selfie.
Gardu pandang kedua dan pemandangannya
Tidak dipungkiri, bahwa Cemoro Sewu ini menawarkan panorama keindahan alam yang begitu indah, sangat sesuai sekali bagi kamu yang ingin menenangkan diri sejenak dari hiruk pikuk keramaian perkotaan. Beruntung cuaca hari ini sedang cerah, jadi pemandangannya begitu jelas karena tidak diselimuti kabut.

Setelah puas hunting foto dan menikmati suasana alam di Cemoro Sewu ini, kami langsung turun dari bukit menuju tempat parkir, dan melanjutkan perjalanan ke obyek wisata Gumuk Reco Sepakung. Kebetulan letak dari obyek wisata Gumuk Reco tidak jauh dari obyek wisata Cemoro Sewu Sepakung.

Gumuk Reco Sepakung


Gumuk Reco merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di dusun Kenongo, Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Gumuk Reco ini adalah spot terbaru, yang baru diresmikan bulan Oktober 2017 kemarin. Sama seperti Cemoro Sewu, tempat ini juga menawarkan panorama keindahan alam yang begitu indah.
Pintu gerbang dan lokasi wisata Gumuk Reco
Selain menawarkan panorama alam, Gumuk Reco mengusung konsep wisata ekstrem, cocok buat kamu yang memiliki jiwa adventure, seperti Ayunan Langit dengan ketinggian 800 meter. Ayunan Langit atau Sky Wings memang lagi hits di berbagai daerah. Meskipun terkesan bahaya, tapi tetap safety karena ada alat pengamannya.
Ayunan Langit ( Sky Wings )
Selain Ayunan Langit, di Gumuk Reco juga terdapat rumah pohon yang dihubungkan dengan jembatan kayu “Jembatan Kepompong” sepanjang sekitar 15 meter dan memiliki ketinggian 17 meter. Rumah pohon tersebut berada di tepi jurang yang memiliki kedalaman sampai 300 meter. Dari sini, pengunjung bisa menikmati lanskap perbukitan hijau dan hamparan sawah. Untuk itu spot ini juga asik buat foto-foto.
Jembatan Kepompong
Masih di lokasi yang sama, juga banyak pilihan spot foto seperti sangkar burung di bibir tebing, gardu pandang serta wahana yang baru dipersiapkan yaitu flying fox. Untuk kamu yang memiliki keahlian panjat tebing atau rock climbing, ada juga area panjat tebing disana. Tapi kalau tidak punya kehalian khusus jangan mencoba yang satu ini mengingat resikonya terlalu tinggi.
Dibelakang itu adalah tebing untuk panjat tebing
Beberapa spot foto ini mampu menghasilkan foto-foto yang cukup menakjubkan. Seperti wahana sangkar burung, memang bagus untuk berfoto dengan latar belakang kedalaman lembah. Mungkin waktu itu bertepatan dengan musim liburan Natal dan Tahun Baru, jadi cukup ramai pengunjung. Sehingga untuk mencoba wahana yang ada harus antri untuk menunggu giliran.
Sangkar Burung dan spot lingkaran
Untuk dapat menikmati wisata alam Gumuk Reco Sepakung, kita dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000/orang dan bagi kamu yang mempunyai adrenalin yang tinggi, kamu dapat mencoba wahana Ayunan Langit dan Jembatang Kepompong dengan membayar sewa Rp. 10.000,- untuk sekali permainan.

Setelah puas hunting foto dan menikmati suasana alam di Gumuk Reco ini, akhirnya kami memutuskan untuk pulang. Sampai jumpa lagi di liburan saya berikutnya.

Untuk menuju ke Cemoro Sewu dan Gumuk Reco ini, kita bisa menggunakan rute akses jalan mengikuti jalur yang terdapat di dalam peta dibawah ini, yang bisa disesuaikan dari tempat pemberangkatan kita.


Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Gramedia Blog Competition #GramediaHolidaySeason
Menikmati Pesona Cemoro Sewu dan Gumuk Reco Sepakung Menikmati Pesona Cemoro Sewu dan Gumuk Reco Sepakung Reviewed by denbaguse on 20.35 Rating: 5

6 komentar:

  1. Wah keren banget tempatnya, jadi pengin ksana, kbtulan saya ada sodara di Semarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Amir mahmud : Kalau lagi liburan ke Semarang dan sekitarnya, silahkan mampir kesini mas. Tempatnya asik kok?

      Hapus
  2. Bisa pakai angkutan atau gojek grab ga sih mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @NadiaEka S : Kalau angkutan ada, tapi hanya sampai jalan raya. Untuk masuk kelokasi wisatanya, bisa pakai ojek pengkolan (konvensional)

      Hapus

Berkomentarlah secara bijak, jangan melakukan SPAM

Diberdayakan oleh Blogger.