Liburan Akhir Tahun 2016 di Jogja Bay

Di penghujung akhir tahun 2016, saya bersama keluarga memiliki rencana untuk liburan ke Jogja. Memang rencana liburan ini sudah direncanakan sebulan sebelumnya, dan akhirnya kami sekeluarga berangkat dari Ambarawa menuju Jogja tanggal 30 Desember 2016 sekitar pukul 11.00 WIB. Karena pada hari itu situasi di perjalanan macet, maka kami sekeluarga akhirnya sampai di Jogja sekitar pukul 14.30 WIB.

Oiya, liburan kali ini saya sekalian mengantar keponakan yang tinggal di Jogja, jadi setelah sampai Jogja kita langsung menuju Rusun (Rumah Susun) milik Angkatan Darat yang berada di daerah Demak Ijo, Godean Jogja.

Setelah sampai Rusun, kami semua langsung masuk ke rusun sambil membawa barang bawaan dan setelah itu lanjut makan siang, karena diperjalanan yang macet kita semua tidak sempat makan siang. Berhubung saya merasa capek di perjalanan, akhirnya saya istirahat sampai menjelang magrib baru bangun tidur.

Sebenarnya kita punya rencana, malam hari ke Malioboro dan Alun-alun Kidul. Tapi rencana itu gagal karena suami keponakan saya sedang sakit. Tapi untuk rencana besok paginya tetap berjalan yaitu ke Jogja Bay.

Pagi hari sekitar jam 09.00 WIB, kami sekeluarga pergi ke Jogja Bay. Tapi sebelum berangkat saya sempatkan untuk membuka Google Map, untuk mencari letak dari Jogja Bay, karena saya sama sekali belum pernah ke sana. Dengan mengikuti petunjuk dari Google Map, akhirnya sampai juga di Jogja Bay.

Pintu masuk Jogja Bay
Jogja Bay Waterpark (JBW) adalah sebuah waterpark seluas 7 Hektar yang berlokasi di Kawasan Terpadu Maguwo City (KTMC), Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Luas Jogja Bay Waterpark terdiri dari area bermain dan pertunjukan seluas 5 hektar dan area parkir mobil, motor, bus dan penghijauan seluas 2 Hektar.
Denah Jogja Bay (sumber)
Keunikan dari Jogja Bay Waterpark adalah terdapat story telling antara Tradisi Jogja dengan para bajak laut Eropa yang dituangkan melalui On-site Live Show, Karakter, Water rides dan Merchandise. Jogja Bay Waterpark menjadi sebuah perkampungan tua Bajak Laut yang bernuansa Tropical Lust yang penuh dengan tanaman hijau dan thematic old pirates.

Area dalam Jogja Bay (sumber)
Untuk tiket masuk ke Jogja Bay Waterpark dibedakan atas tiket anak-anak dan orang dewasa. Tiket masuk Jogja Bay Wtaerpark untuk anak-anak seharga Rp. 60.000 dan tiket masuk untuk dewasa seharga Rp. 90.000 untuk weekdays, sedang untuk weekend berlaku Rp. 75.000 untuk anak-anak dan Rp. 100.000 untuk dewasa. Sedangkan untuk anak-anak di bawah usia 2 tahun tidak dikenakan biaya alias gratis, sementara untuk lansia dengan usia lebih dari 65 tahun tiket masuk masuk Jogja Bay seharga Rp. 60.000. Harga tiket masuk tersebut sudah termasuk semua Wahana dengan pelampung dan ban gratis.

Setelah membeli tiket, kebetulan waktu itu ada program undian berhadiah, jadi sebelum masuk saya mengisi undian untuk dimasukkan ke dalam kotak undian. Setelah itu baru masuk, tapi sebelumnya tas kami diperiksa terlebih dahulu, karena peraturannya tidak boleh membawa makanan dan minuman di dalam lokasi Jogja Bay.

Area dalam Jogja Bay
Setelah masuk, kami langsung ganti pakaian dan memasukan barang-barang kita di satu loker yang saya sewa seharga Rp. 30.000. Dan kami langsung menuju wahana-wahana yang telah disediakan, seperti :

Wahana-wahana yang memacu adrenalin antara lain Memo Racer, Bekti Adventure, Volcano Coaster, Timo Rider, Jolie Raft River dan Brando Boomeranggo.

Memo Racer (sumber)

Bekti Adventure (sumber)

Volcano Coaster (sumber)

Timo Rider (sumber)

Jolie Raft River (sumber)
Brando Boomeranggo (sumber)
Ada pula wahana seperti South Beach, kolam ombak yang mempunyai 9 jenis ombak berbeda ini memberikan informasi dan edukasi kepada pengunjung tentang 'How to survive in Tsunami and earthquake'.
South Beach / Kolam Ombak (sumber)
Tersedia pula Donte Wild River yang merupakan kolam arus dan Kula Playpool dapat dinikmati segala usia. Sedangkan untuk wahana air anak, Jogja Bay Waterpark menyediakan Ziggy Giant Barrel, Mimi Family dan Hip Playground.

Donte Wild River (sumber)

Kula Playpool (sumber)

Ziggy Giant Barrel (sumber)

Mimi Family (sumber)

Hip Playground (sumber)
Setelah mencoba beberapa wahana yang ada, saya merasa lapar. Dikarenakan untuk memasuki Jogja Bay tidak boleh membawa makanan maupun minuman, maka saya membeli makan dan minum di tempat yang sudah disediakan. Ketika itu saya kaget, karena harga makanan dan minuman semuanya mahal-mahal, tidak seperti beli diluar yang masih terjangkau. Tapi bagaimana lagi, mau gak mau harus beli makan dan minum, karena lapar dan haus.

Tidak terasa hari sudah sore, setelah puas bermain dan makan, saya langsung mandi dan ganti pakaian. Setelah beres semua, kami langsung pergi keluar. Di luar, kami sempatkan foto bersama di samping kapal. Setelah itu kami pulang dengan membawa kenangan.

Pintu keluar dan Jogja Bay Store (berbentuk sebuah kapal)
Liburan Akhir Tahun 2016 di Jogja Bay Liburan Akhir Tahun 2016 di Jogja Bay Reviewed by denbaguse on 14.07 Rating: 5