Potensi Wisata di Ungaran Kabupaten Semarang

Setiap daerah memiliki potensi wisatanya masing-masing, bahkan ada yang memiliki potensi besar namun belum di sentuh agar menjadi daya tarik wisata yang mengagumkan. Seperti kita ketahui bahwa di Kabupaten Semarang telah memiliki banyak obyek wisata, seperti Wisata Alam, Wisata Sejarah, Wisata Budaya dan Wisata Kuliner.

Mengenai potensi wisata, disini saya akan membahas potensi wisata di Ungaran, Kabupaten Semarang, yang pernah saya kunjungi dan menurut saya masih perlu dikembangkan secara maksimal.

Curug Tedjo Asmoro Ungaran

Curug Tedjo Asmoro ini terletak di Dusun Dampu, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Curug Tedjo Asmoro memang tergolong sebagai tempat wisata baru di wilayah Ungaran yang masih alami dan belum di ketahui banyak orang.
Curug Tedjo Asmoro
Di sekitar curug ini terdapat hutan pinus yang menghadirkan suasana kesejukan
. Dan di area hutan pinus tersebut terdapat tempat duduk yang terbuat dari potongan batang pohon yang di cat berwarna-warni sehingga menambah indah pemandangan di sekitar Curug Tedjo Asmoro.

Untuk akses jalan menuju curug masih berupa jalan setapak, bila sewaktu-waktu hujan jalan menjadi licin. Untungnya sudah ada pagar bambu untuk pegangan yang berada disetiap pinggir tebing. Sampai di lokasi Curug Tedjo Asmoro, kita akan disuguhi pemandangan dan gemercik air yang jatuh dari atas, meskipun debit airnya tidak terlalu deras.
Jalan menuju curug
Disini kita bisa bermain air atau melakukan foto-foto. Tapi air di Curug Tedjo Asmoro ini tidak begitu jernih, warnanya agak kecoklat-coklatan. Yang sangat disayangkan, disini masih terdapat sampah-sampah plastik, hal ini akan mengganggu pemandangan.
Foto di Curug Tedjo Asmoro
Untuk kedepannya supaya dibuatkan fasilitas pendukung seperti toilet, tempat sampah, jalan dibeton agar tidak licin. Dengan begitu dapat mengangkat pariwisata di Ungaran, dan perekonomian warga sekitar juga dapat meningkat.

Bagi anda yang ingin tempat liburan di wliayah Ungaran dengan suasana hawa sejuk pegunungan serta pemandangan hutan pinus yang sangat indah, cobalah datang ke Curug Tedjo Asmoro. Untuk biaya masuknya saya tidak tau, karena pas saya berkunjung ke Curug Tedjo Asmoro tidak ada petugasnya.

Untuk menuju ke Curug Tedjo Asmoro ini, kita bisa menggunakan rute akses jalan mengikuti jalur yang terdapat di dalam peta dibawah ini, yang bisa disesuaikan dari tempat pemberangkatan kita.


Tebing Patah Hati dan Bukit Harapan Ungaran

Tebing Patah Hati dan Bukit Harapan ini berada di Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Tempat yang satu ini berupa sebidang lahan untuk pembibitan tanaman yang letaknya di ketinggian. Dipinggir tebing tersebut ada sebuah papan nama yang bertuliskan “Tebing Patah Hati”, dan tempat inilah yang sering dijadikan obyek untuk foto-foto.
Tebing Patah Hati
Dari tempat ini pula kita akan disuguhi pemandangan yang indah dan asri. Karena disekelilingnya terdapat pepohonan hijau, jadi sangat cocok sekali untuk kita yang ingin menyendiri dan menjauh sejenak dari keramaian kota.
View Tebing Patah Hati
Berhubung waktu itu saya berkunjungnya siang hari, jadi saya agak kepanasan. Saran saya, jika anda yang akan berkunjung ke Tebing Patah Hati, sebaiknya pada pagi atau sore hari. Karena pemandangan waktu matahari terbit ( sunrise ) dan matahari terbenam ( sunset ) akan terlihat jelas dari atas tebing ini.

Berbeda dengan Tebing Patah Hati, tempat satunya lagi yang berada tidak jauh dari Tebing Patah Hati yaitu Bukit Harapan. Tempat ini berupa sebuah bukit yang tidak terlalu tinggi, dan di tempat ini terdapat sebuah pohon yang lumayan besar. Dibawah pohon tersebut ada sebuah papan nama yang bertuliskan “Bukit Harapan”, dan tempat inilah yang sering juga dijadikan obyek untuk foto-foto.
Bukit Harapan
Di atas bukit, selain ada pohon juga terdapat sebuah gubuk. Biasanya gubuk ini dipakai untuk istirahat para pekerja pembibitan tanaman. Di tempat ini anda bisa menikmati pemandangan perbukitan dan hamparan bibit-bibit tanaman.
View Bukit Harapan
Untuk masuk ke lokasi Tebing Patah Hati dan Bukit Harapan, anda tidak akan dipungut biaya apapun alias gratis. Akses ke lokasi juga cukup mudah, akan tetapi harap berhati-hati karena kondisi jalannya yang masih berbatu.

Sayang sekali, saat ini Tebing Patah Hati dan Bukit Harapan sudah ditutup secara permanen. Padahal potensi wisata ini sangat bagus jika dikelola.


Embung Sebligo Lerep Ungaran

Embung Sebligo merupakan sebuah cekungan air yang digunakan untuk menampung suplai air hujan. Selain untuk menampung air hujan, embung ini untuk mengaliri pertanian warga di musim kemarau serta menopang diversifikasi pertanian melalui variasi jenis tanaman pola tumpang sari.

Embung Sebligo terletak di Dusun Lerep, Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Dan embung ini di kelola dan dirawat oleh masyarakat Desa Lerep secara aktif dan gotong royong.
Embung Sebligo Lerep
Selain berfungsi untuk pertanian, keberadaan Embung Sebligo juga dimanfaatkan untuk wisata air. BUMDes sebagai pengelola menyediakan persewaan perahu karet dan area swafoto serta fasilitas memberi makan ikan dari tepi embung.
View Embung Sebligo Lerep
Suasana di Embung Sebligo sudah cukup baik dengan adanya wahana air dan tempat untuk swafoto, tapi sayangnya sebagian jalan menuju ke lokasi Embung Sebligo ini rusak, sehingga menyebabkan sepinya pengunjung yang datang kesini.

Untuk kedepannya supaya tempat wisata ini banyak pengunjung, diharapkan untuk memperbaiki akses jalan, sehingga lebih mempermudah mobil dan kendaraan untuk masuk ke tempat ini. Selain itu, agar dilengkapi dengan wahana permainan anak-anak yang lebih menarik, sehingga tak hanya perahu karet yang banyak diminati para kaum muda.

Dengan adanya perbaikan dan penambahan wahana, dapat mengangkat pariwisata di Ungaran dan perekonomian warga Desa Lerep juga dapat meningkat.

Untuk menuju ke Embung Sebligo Lerep ini, kita bisa menggunakan rute akses jalan mengikuti jalur yang terdapat di dalam peta dibawah ini, yang bisa disesuaikan dari tempat pemberangkatan kita.

 
Tulisan ini di buat untuk mengikuti Lomba Blog Pesona Kabupaten Semarang 
Potensi Wisata di Ungaran Kabupaten Semarang Potensi Wisata di Ungaran Kabupaten Semarang Reviewed by Nandang Pitoyo on 17.51 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah secara bijak, jangan melakukan SPAM

Diberdayakan oleh Blogger.