Menikmati Pesona Bukit Sukorini Foggy Village Sumowono

Satu lagi pesona wisata yang ada di Kabupaten Semarang yaitu Bukit Sukorini atau Sukorini Foggy Village. Bukit Sukorini Foggy Village merupakan salah satu destinasi menarik yang ada di Desa Kemitir, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang.
View dari Bukit Sukorini Foggy Village
Desa Kemitir sendiri merupakan desa yang dijuluki sebagai “desa kabut” ( foggy village ), hal ini disebabkan karena letak desa Kemitir yang berada di daerah perbukitan sehingga setiap paginya cuaca disana selalu di selimuti kabut, meskipun pada musim panas. Oleh karena itu desa Kemitir merupakan desa yang berhawa dingin terutama saat pagi dan sore hari.

Untuk lokasi Bukit Sukorini sendiri berada di daerah hutan pinus yang rindang dan menyejukkan. Dan hutan ini ada di pinggir jalan Sukorini ( jalan penghubung dari Sumowono dengan Temanggung ), jadi banyak orang yang melewati desa Kemitir tertarik untuk datang ke hutan ini. Mereka yang singgah ke hutan ini terutama orang-orang yang sedang bepergian jauh. Karena di pinggiran hutan terdapat lahan kosong yang dapat dijadikan oleh orang-orang yang berpergian jauh sebagai tempat rest area. Hal ini memunculkan ide bagi masyarakat desa Kemitir yang bekerjasama dengan Perum Perhutani untuk membuka wisata hutan Bukit Sukorini.
Lokasi Bukit Sukorini di pinggir jalan Sumowono - Temanggung
Bukit Sukorini Foggy Village menjadi terkenal dan menjadi wisata kekinian berkat foto-foto yang diunggah di instagram. Karena hal tersebut membuat saya jadi penasaran untuk mengunjunginya. Kebetulan waktu itu saya dari Wonosobo mau pulang ke Ambarawa, sampai di Temanggung saya ambil arah jalan menuju Sumowono. Karena lokasi obyek wisata Bukit Sukorini sendiri berada di desa Kemitir, yang menjadi jalan penghubung dari Sumowono dengan Temanggung, Wonosobo atau pun Magelang.

Singkat cerita, setelah perjalanan jauh dari Wonosobo, akhirnya sampai juga di lokasi Bukit Sukorini sekitar jam 16.00. Berhubung hari sudah sore, buru-buru saya langsung masuk ke Bukit Sukorini dengan membayar Rp. 5.000 untuk tiket masuknya dan Rp. 2.000 untuk parkir sepeda motor.

Begitu masuk di area Bukit Sukorini ini kita akan disuguhi suasana hijau nan sejuk, karena disini terdapat banyak pohon pinus yang rindang dan menyejukkan. Selain itu untuk jalannya juga ada yang dihiasi dengan bola-bola maupun payung-payung, sehingga membuat pemandangan jadi lebih cantik.

Bukit Sukorini ini berada di ketinggian 1.100 diatas permukaan laut, sehingga membuat tempat ini sering berkabut. Dari ketinggian inilah pengunjung bisa memandang indahnya Gunung Ungaran, hamparan lahan pertanian dan rumah-rumah warga yang berjajar unik.

Tak kalah seru dari ulasan saya sebelumnya yakni Pesona Wisata Alam Bantir Hills yang letaknya masih dibilang satu wilayah yaitu di Kecamatan Sumowono. Bukit Sukorini Foggy Village yang merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menyuguhkan keindahan dengan berbagai spot foto yang sangat memanjakan para pengunjungnya, seperti patung monyet, spot kapal, spot kupu-kupu, spot helikopter.
Berbagai spot foto yang ada di Bukit Sukorini
Saat ini Bukit Sukorini menjelma menjadi spot foto populer di daerah Sumowono dan sekitarnya. Ada banyak gardu pandang yang dapat anda jumpai untuk mendapatkan foto terbaik dari ponsel maupun kamera anda.
Spot gardu pandang yang unik
Selain gardu pandang, tempat wisata ini juga terdapat rumah pohon yang unik. Jadi sangat menarik sekali buat spot foto untuk anda, apalagi buat muda-mudi yang sedang memadu kasih. Disamping itu juga terdapat berbagai spot foto menarik, seperti spot jembatan cinta, sarang burung dan lain sebagainya.
Spot rumah pohon dan jembatan cinta
Di area Bukit Sukorini ini juga sudah terdapat permainan Flying Fox, dan sudah dilengkapi fasilitas pendukung lainnya seperti toilet maupun aula gazebo. Selain untuk berwisata tempat ini juga terdapat petilasan dari salah satu leluhur yang ada di desa Kemitir, dan petilasan ini biasanya digunakan sebagai tempat untuk meminta pesugihan.

Untuk peta lokasi spot-spot di Bukit Sukorini Foggy Village bisa dilihat di bawah ini :
Denah wisata Bukit Sukorini Foggy Village
Setelah puas menyusuri spot-spot foto yang ada di Bukit Sukorini ini, saya langsung keluar menuju tempat parkir dan melanjutkan perjalanan pulang.

Untuk menuju ke Bukit Sukorini Foggy Village ini, kita bisa menggunakan rute akses jalan mengikuti jalur yang terdapat di dalam peta dibawah ini, yang bisa disesuaikan dari tempat pemberangkatan kita.


Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog Pesona Kabupaten Semarang
Menikmati Pesona Bukit Sukorini Foggy Village Sumowono Menikmati Pesona Bukit Sukorini Foggy Village Sumowono Reviewed by Nandang Pitoyo on 21.15 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah secara bijak, jangan melakukan SPAM

Diberdayakan oleh Blogger.