Menikmati Pesona Wisata Alam Bantir Hills Sumowono

Daerah Kabupaten Semarang banyak menawarkan pesona alam yang menarik dan sayang untuk dilewatkan begitu saja. Lokasi wisata baru selalu menjadi perbincangan netizen terutama untuk mengabadikan momen indah dengan suasana alam terbuka. Dan salah satu tempat wisata alam di Kabupaten Semarang adalah Bantir Hills.
Bantir Hills Sumowono
Bantir Hills terletak di Dusun Bantir, Desa Losari, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Bantir Hills ini merupakan wisata alam terbuka dengan keindahan alam berupa nuansa pegunungan yang masih asri dan dilengkapi dengan beberapa spot menarik untuk pengunjung yang senang foto dengan spot kekinian.

Nah, kebetulan hari ini pas hari libur, saya berencana untuk pergi jalan-jalan. Dan tujuan jalan-jalan kali ini ke tempat wisata alam yang terbilang masih baru yaitu Bantir Hills. Kebetulan jarak antara rumah sampai Bantir Hills tidak terlalu jauh, saya pergi mengajak anak dan keponakan serta teman-temannya. Sekitar jam 13.00 siang, kita berenam naik 3 sepeda motor berangkat dari Ambarawa menuju ke Bantir Hills Sumowono.

Singkat cerita, setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit, akhirnya kita sampai di Dusun Bantir Sumowono. Sampai disini kita harus parkir dulu di tempat parkir yang sudah disediakan dengan membayar Rp. 2.000/motor. Jarak dari tempat parkir sampai lokasi Bantir Hills itu masih jauh, jadi kita harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak berbatu kurang lebih sekitar 1 kilometer.
Kondisi jalan yang berbatu
Dari tempat parkir, kita masih harus berjalan menuju pintu gerbang  atau loket masuk dengan melewati kebun sayur yang hijau dan udara yang sejuk. Tak beberapa lama berjalan sampai juga di pintu gerbang. Disini kita harus membayar Rp. 5.000/orang untuk tiket masuknya. Tapi kita belum sampai dilokasi, kita masih harus berjalan lagi sampai di lokasi bukitnya. Saat ini jalan menuju Bantir Hills masih dalam tahap pembangunan.
Pintu gerbang atau loket pembayaran
Sebagian jalan yang sudah dibeton
Sepanjang jalan menuju Bantir Hills sudah disiapkan spot - spot unik untuk mengabadikan momen dalam foto. Seperti spot berbentuk hati (love) yang dibawahnya dihiasi berbagai tanaman yang cantik.
Spot foto yang ada disepanjang jalan menuju Bantir Hills
Bantir Hills ini berada di lereng gunung Ungaran dengan ketinggian 1000 meter dari atas permukaan laut. Bantir Hills memiliki udara yang bersih dan sejuk yang menawarkan keindahan alam berupa pemandangan atau view gunung, mulai dari gunung Merapi, gunung Merbabu, gunung Telomoyo dan gunung Andong.

Selain pemandangan gunung, kita juga dapat bersantai ria dibawah rimbunnya pohon pinus serta berbagai spot keren yang bisa menjadi spot untuk yang suka foto selfie dan fotografi, seperti Gazebo yang didesain sedemikian rupa sehingga tampak unik, ada juga sky tree atau rumah pohon, jembatan hutan, gardu pandang, tulisan “Bantir Hills”, dan beberapa spot foto lainnya.
Spot foto berupa kata-kata lucu
Bila ingin menikmati suasana pegunungan yang berbeda bisa mencoba sky tree. Berupa wahana rumah pohon untuk menyaksikan pemandangan dari ketinggian. Anda harus naik ke atas pohon melalui sebuah tangga untuk mendapatkan spot yang menarik saat mengambil gambar.
Berbagai spot foto yang ada di area Bantir Hills
Sebelum menuju atas Bukit Bantir, yang ada tulisan “Bantir Hills”, kita ditawari untuk mencoba menaiki hammock yang disediakan oleh pengelola dengan membayar seiklasnya. Disini kita disuruh naik di hammock satu persatu mulai dari yang paling atas sendiri berurutan sampai yang paling bawah. Begitu komplit telah naik semua, maka penjaga hammock mulai mengambil berbagai pose foto kita di atas hammock.
Naik diatas hammock
Sampai di atas bukit kita bisa menikmati pemandangan yang eksotis dan mengabadikan foto di depan tulisan “Bantir Hills”. Selain itu kita bisa mengabadikan foto di spot foto yang berbentuk bunga matahari, atau sekedar bersantai ria dibelakang tulisan “Bantir Hills.
Walaupun di perjalanan menuju Bantir Hills ini cukup melelahkan, namun lelah itu akan hilang setelah melihat pemandangan alam sekitar dari atas bukit Bantir.

Untuk menuju ke wisata alam Bantir Hills Sumowono ini, kita bisa menggunakan rute akses jalan mengikuti jalur yang terdapat di dalam peta di bawah ini, yang bisa disesuaikan dari tempat pemberangkatan kita.


Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog Pesona Kabupaten Semarang.
Menikmati Pesona Wisata Alam Bantir Hills Sumowono Menikmati Pesona Wisata Alam Bantir Hills Sumowono Reviewed by Nandang Pitoyo on 19.24 Rating: 5

2 komentar:

  1. wah apiiik yaaa, salam kenal Mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Dewi Rieka : Iya mbak, pemandangannya bagus, spot fotonya banyak dan suasananya adem.
      Salam kenal juga, terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus

Berkomentarlah secara bijak, jangan melakukan SPAM

Diberdayakan oleh Blogger.