Menikmati Pesona Rawa Pening dari Goa Rong View Tlogo Tuntang

Menikmati alam adalah kesukaan saya, dan kebetulan hari ini libur maka saya mengajak anak jalan-jalan ke sebuah tempat wisata yang jaraknya tidak jauh dari rumah. Nama tempatnya adalah Goa Rong, yang terletak di desa Tlogo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Sebenarnya saya sudah lama tau tentang tempat wisata ini, tapi baru sempat sekarang untuk mengunjunginya.
Pemandangan dari Goa Rong View Tlogo Tuntang
Perjalanan dari rumah menuju Goa Rong tidak terlalu jauh, kira-kira sekitar 15 menit telah sampai di gerbang kawasan wisata Goa Rong. Disini kita akan disuguhi pepohonan rimbun serta pemandangan perkebunan karet yang hijau. Sampai di pos penjagaan, kita harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 7.500/orang (untuk weekend dan hari libur) dan parkir motor Rp. 2.000. Nantinya tiket yang kita dapatkan, setelah sampai di puncak dapat ditukar dengan minuman kopi maupun teh kemasan gelas.

Untuk jalan menuju ke puncak bisa dilalui dengan sepeda motor maupun mobil. Tapi harap berhati-hati bagi yang membawa mobil, karena jalannya yang sempit dan menanjak dengan jurang di sebelahnya. Meskipun begitu, perjalanan kita akan terasa menyenangkan karena hijaunya alam dan sejuknya udara, yang membuat tanjakan demi tanjakan menuju Goa Rong tidak terasa melelahkan, terutama saat menikmati sekeliling jalan dipenuhi pepohonan yang rimbun serta pemandangan perkebunan karet yang hijau.

Begitu sampai di puncak, maka akan terlihat tempat parkir dan taman bermain serta ada beberapa gazebo untuk menikmati suasana alam. Waktu itu banyak juga pengunjung yang datang kesini, mereka tengah menikmati berbagai permainan yang disediakan di taman bermain terutama anak-anak.

Setelah parkir sepeda motor saya langsung menuju ke Goa Rong View, yang katanya tempat yang pas untuk melihat Rawa Pening dan pemandangan alam. Tapi sebelum kesana, saya menukar tiket dulu dengan minuman.
Jalan menuju ke Goa Rong View
Ternyata betul, saat sampai di Goa Rong View kita akan disuguhi pemandangan alam dengan view Rawa Pening dan gugusan pegunungan yang mengelilinginya seperti gunung Merbabu, gunung Telomoyo, dan gunung Ungaran. Setelah menunggu sejenak, karena waktu itu ada pengunjung yang sedang berfoto, setelah itu saya langsung berfoto dengan view Rawa Pening sambil menikmati pemandangan alam di sekitar Goa Rong View.
Goa Rong View Tlogo Tuntang

Sebenarnya yang spesial dari Goa Rong View ini adalah untuk mengabadikan moment matahari terbit maupun tenggelam dengan sudut pandang yang sangat jelas. Di tempat ini juga dilengkapi fasilitas Resto yang menyediakan aneka masakan khas Tlogo. Sambil menikmati suasana alam sekitar, pengunjung juga bisa memesan beberapa menu yang disediakan.
Resto atau gazebo utama
Setelah puas berfoto di Goa Rong View, saya langsung mencari keberadaan Goa Rong. Dan disebelah utara bangunan resto, ada papan petunjuk arah menuju ke Goa Rong. Langsung saja saya menyusuri jalan sesuai arah petunjuk jalan. Dan ternyata, jalan menuju ke Goa Rong berupa anak tangga yang menurun tajam dan berkelok-kelok. Jadi bagi para pengunjung yang mau ke Goa Rong harap berhati-hati saat menapakan kaki di anak tangga, karena anak tangganya sangat curam dan belum ada pengamannya untuk pegangan.
Jalan menurun menuju Goa Rong, tampak pula jalan tol Bawen - Salatiga

Jalan menurun menuju Goa Rong
Setelah melewati puluhan anak tangga, sampailah saya di lokasi Goa Rong. Ternyata Goa Rong ini memiliki lubang goa yang tidak terlalu besar, sehingga saya hanya melihat dalamnya dari mulut goa saja. Tapi di atas mulut goa telah dipercantik dengan diberi tulisan “Goa Rong”.

Menuruni anak tangga dekat dengan Goa Rong

Suasana di Goa Rong

Suasana di goa ini memang sepi dan didepan goa terdapat sebuah pohon besar yang usianya sudah tua, karena akarnya sampai menggelantung.


Setelah puas berfoto di lokasi Goa Rong, selanjutnya saya langsung menuju ke puncak dengan menaiki puluhan anak tangga lagi. Ditengah perjalanan sesekali melepas lelah sambil melihat pemandangan alam sekitar.  

Setelah melewati medan yang cukup melelahkan dan mengeluarkan tenaga ekstra, akhirnya sampai juga di puncak (Goa Rong View). Meskipun badan terasa lelah akibat menaiki puluhan anak tangga, namun rasa lelah ini terobati setelah menikmati salah satu pesona wisata yang ada di Kabupaten Semarang.

Untuk menuju ke Goa Rong Tlogo Tuntang ini, kita bisa menggunakan rute akses jalan mengikuti jalur yang terdapat di dalam peta di bawah ini, yang bisa disesuaikan dari tempat pemberangkatan kita.


Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog Pesona Kabupaten Semarang.
Menikmati Pesona Rawa Pening dari Goa Rong View Tlogo Tuntang Menikmati Pesona Rawa Pening dari Goa Rong View Tlogo Tuntang Reviewed by Nandang Pitoyo on 19.17 Rating: 5

4 komentar:

  1. Perjalanan ke gua cukup melelahkan ya mas..hosh..hosh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Semarang Coret : Kalau turunnya sih biasa, tapi naiknya yang bikin ngos-ngosan. hehe...

      Hapus
  2. Wahwah belum pernah sampai sini. Penasaran juga apa yang ada di dalam goa, tapi sempit gt takut juga mau masuk hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Rahmi Aziza : Kapan-kapan kesini mbak, ntar tak anter deh?
      Aku juga nggak berani masuk goanya mbak, takut kalau ada ularnya. hehe....

      Hapus

Berkomentarlah secara bijak, jangan melakukan SPAM

Diberdayakan oleh Blogger.