Jalan-jalan ke Curug Sewu Kendal

Setelah menjelajahi wisata alam bukit Selo Arjuno dan Bligo, perjalanan di lanjutkan ke Curug Sewu. Sebenarnya teman saya sudah pernah ke Curug Sewu, tapi sudah lama banget. Sedangkan saya sendiri belum pernah kesana, jadi teman saya yang mengantar.
Curug Sewu Kab. Kendal
Perjalanan dari bukit Selo Arjuno dan Bligo di Limbangan menuju ke Curug Sewu, diperkirakan sekitar 1 jam. Jalur yang kita tempuh dari Limbangan-Boja-Patean, tapi sampai di Boja kita berdua mampir dulu untuk makan siang.

Setelah makan siang perjalanan di lanjutkan ke Curug Sewu. Kondisi jalan berkelok-kelok tak akan terlalu melelahkan lantaran jalanan sudah beraspal/beton dengan pemandangan di sepanjang perjalanan cukup asri. Selain itu kita juga melewati area perkebunan seperti perkebunan cengkeh, karet, dan buah-buahan.

Singkat cerita, kita berdua sudah sampai di Curug Sewu yang terletak di desa Curugsewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal. Setelah parkir motor, kita berdua masuk dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.200/orang.
Lokasi Obyek Wisata Curug Sewu Kab. Kendal (foto : tribunnews.com)
Obyek Wisata Curug Sewu Kab. Kendal
Di sekitar lokasi ini telah dilengkapi dengan taman rekreasi beserta fasilitas pelengkap seperti Vespa raksasa, taman bermain anak, kebun binatang mini, kolam renang, panggung hiburan dan berbagai fasilitas lainnya seperti Gardu pandang yang disediakan bagi para pengunjung untuk melihat Curug Sewu dan pesona alam di sekitar curug.
View curug dari atas, dekat gardu pandang
Untuk melihat air terjun dari dekat, kita harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 4.000/orang dan turun menuruni ratusan anak tangga menuju air terjun. Obyek wisata Curug Sewu ini dikelola oleh dua pihak, yaitu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kendal dan Perhutani KPH Kendal. Pihak Disbudpar Kabupaten Kendal mengelola area yang ada di sekitar curug. Sedangkan untuk wilayah curug dan hutan wisata dikelola oleh Perhutani KPH Kendal.
Loket Perhutani dan jalan menuju ke curug
Jalan ke curug yang berupa anak tangga
Curug Sewu merupakan air terjun tingkat tiga dengan ketinggian sekitar 80 m, masing-masing memiliki ketinggian 45 meter, 15 meter dan 20 meter. Sebelum mendekat ke air terjun, kita harus melewati gundukan batu besar yang ada di sekitar air terjun. Sampai disini pengunjung akan disambut udara sejuk yang bercampur kabut air dari air terjun. Tapi sayang waktu itu debit airnya tidak banyak, karena masih musim kemarau.
Bebatuan besar sebelum lebih dekat ke curug
Foto dekat curug
Foto bersama teman dekat curug
Berhubung kita tidak boleh bermain air di dasar curug, karena derasnya air yang jatuh dari atas, maka kita hanya menikmati suasana di dekat curug sambil berfoto-foto. Setelah puas mengabadikan kenangan di dekat curug, kita berdua melanjutkan perjalanan pulang. Tapi sebelumnya kita mampir di sebuah goa dekat dengan curug. Kita istirahat dibawah batu besar bibir goa sambil minum.
Istirahat sejenak di bawah batu besar bibir goa
Foto di bawah batu besar dengan view Curug Sewu
Setelah kondisi sudah fit lagi, perjalan dilanjutkan dengan menaiki anak tangga yang kita lalui waktu turun ke curug. Sampai diatas, kita menuju pintu keluar sambil jalan-jalan ditaman. Didekat pintu keluar ada Vespa raksasa yang memiliki ketinggian 150-180 sentimeter, otomatis saya langsung foto-foto di atas vespa raksasa. Setelah itu kita keluar, lalu pulang menuju Semarang.
Trap anak tangga menuju ke atas
Vespa raksasa yang ada di taman Curug Sewu

Baca juga : Tempat Wisata di Singapura : Tempatwisata.biz.id
Jalan-jalan ke Curug Sewu Kendal Jalan-jalan ke Curug Sewu Kendal Reviewed by Nandang Pitoyo on 20.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah secara bijak, jangan melakukan SPAM

Diberdayakan oleh Blogger.