Menikmati Ketenangan di Embung Kledung Temanggung

Sebenarnya saya sudah lama tau tentang Embung Kledung di Temanggung, karena setiap pergi ke Wonosobo selalu melewati jalan raya penghubung Parakan (Temanggung) dengan Wonosobo tepatnya di daerah Kledung. Tapi baru kali ini, ada waktu untuk mengunjungi Embung Kledung Temanggung.
Embung Kledung Temanggung
Embung Kledung merupakan waduk mini atau kolam raksasa yang berbentuk persegi dengan panjang setiap sisi sekitar 83 meter dan kedalaman 3 meter. Embung ini dibangun dengan tujuan mengatasi kesulitan air pada musim kemarau dan pengembangan kawasan wisata baru. Daya tarik yang ditawarkan oleh obyek wisata ini adalah pemandangan waduk mini dengan latar Gunung Sindoro dan melihat keindahan Gunung Sumbing dari kawasan perbukitan.

Lokasi Embung Kledung berada di desa Kledung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Untuk menuju ke sana, carilah jalan masuk menuju Embung Kledung yang masih satu jalur dengan jalan masuk menuju Pos Pendakian Gunung Sindoro di daerah Kledung. Jalur ini letaknya sebelum Rest Area Kledung arah dari Parakan (Temanggung).

Jalan masuk menuju Embung Kledung Temanggung masih berupa jalan batu yang dipadatkan. Karena jalannya sempit, jadi bagi pengunjung yang membawa mobil harap berhati-hati ketika bersimpangan. Dari jalan raya menuju Embung Kledung, hanya dibutuhkan waktu sekitar lima menit.

Objek wisata Embung Kledung ini buka mulai jam 6 pagi sampai jam 6 sore, dan untuk tiket masuknya yaitu Rp. 5.000 per orang (bonus stiker). Sementara biaya parkir motor Rp. 2.000 dan mobil Rp. 5.000. Ternyata Embungnya letaknya di atas area parkir, jadi kita harus menaiki tangga dulu. Tetapi sebelum menaiki tangga, kita bisa berfoto dulu di depan tulisan Embung Kledung yang cukup besar.
Tangga menuju ke Embung Kledung
Setelah tiba di atas, kita dapat melihat Embung Kledung secara utuh dengan pemandangan gunung Sindoro dan gunung Sumbing. Ditambah lagi dengan adanya perkebunan milik penduduk di sekitar area Embung yang akan membuat anda betah berlama-lama disini. Namun waktu itu cuacanya sedang berkabut, jadi pemandangan gunung Sindoro maupun gunung Sumbing tertutup kabut.






Meskipun cuaca sedang berkabut, saya tetap menikmatinya sambil berfoto-foto. Suasana disini sangat tenang, karena pengunjungnya belum banyak, jadi sangat cocok buat merenung. Tapi ada yang disayangkan, karena didalam lingkungan embung penuh corat-coret, hal ini jadi tidak enak untuk dipandang.



Setelah puas menikmati suasana di Embung Kledung, saya langsung bergegas untuk melanjutkan perjalanan ke Wonosobo.
Menikmati Ketenangan di Embung Kledung Temanggung Menikmati Ketenangan di Embung Kledung Temanggung Reviewed by Nandang Pitoyo on 21.21 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah secara bijak, jangan melakukan SPAM

Diberdayakan oleh Blogger.