Menikmati Senja di Jembatan Biru Sumurup Tuntang

Sebenarnya saya sudah lama tau tentang keberadaan Jembatan Biru ini, tapi di tahun baru ini, saya bersama anak punya kesempatan untuk jalan-jalan menikmati indahnya Rawa Pening di Jembatan Biru. Lokasi Jembatan Biru ini tidak terlalu jauh dari rumah saya di Ambarawa, dengan mengendarai sepeda motor sekitar 10-15 menit sudah sampai lokasi.

Jembatan Biru terletak di Desa Sumurup, Tuntang, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. Lokasinya gampang sekali untuk ditemukan, bila anda yang mau ke Jembatan Biru, sebagai patokan dari Jembatan Tuntang belok kiri menuju Desa Sumurup sekitar 1 kilometer.
Jembatan Biru, Sumurup, Tuntang
Untuk masuk ke lokasi Jembatan Biru ini tidak dipungut biaya alias gratis, hanya bayar biaya parkir sebesar Rp. 2.000. Tidak perlu berjalan jauh kita sudah sampai di Jembatan Biru. Hanya saja kita harus menyeberangi rel. Sesampainya di jembatan, pengunjung bisa langsung jalan-jalan dan berfoto sepuasnya di atas jembatan dengan latar belakang Rawa Pening dan gunung-gunung, seperti Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu dan Gunung Kendil dan Gunung Gajah.
Jembatan Biru dengan latar belakang Rawa Pening dan pegunungan
Jembatan besi sebagai penghubung antar jembatan
Sisi lain suasana di Jembatan Biru
Suasana senja di Jembatan Biru
Foto gaya bebas di Jembatan Biru
Selain berfoto ria, kita juga bisa naik perahu wisata berkeliling Rawa Pening. Untuk naik perahu wisata akan dikenakan tarif yang bervariasi tergantung paket yang dipilih. Untuk tarif Rp. 30.000 kita bisa naik perahu sampai di tengah rawa. Untuk berperahu sampai Kampung Rawa, kita akan dikenakan tarif sebesar Rp. 75.000. Dan untuk tarif yang paling mahal yaitu sebesar Rp. 150.000, kita akan dibawa menyusuri Rawa Pening sampai ke Bukit Cinta yang letaknya di Kecamatan Banyubiru. Semua tarif per paket untuk satu perahu yang bisa dinaiki maksimal lima orang.
Perahu wisata yang digunakan untuk keliling Rawa Pening
Biasanya tempat ini akan ramai oleh pengunjung pada waktu-waktu liburan, atau saat hari menjelang senja. Ketika senja tiba, jembatan makin ramai didatangi muda mudi, tua dan anak untuk menikmati suasana matahari terbenam.
Suasana senja di Jembatan Biru
Sebelum pulang, saya sempatkan untuk berfoto di rel kereta api. Biasanya di hari weekend dan libur nasional, rel ini dilewati oleh kereta api wisata dari Stasiun Ambarawa menuju Stasiun Tuntang PP.
Semedi di rel kereta api dekat Jembatan Biru
 Sampai ketemu lagi di jalan-jalan berikutnya. Bye.. bye..
Menikmati Senja di Jembatan Biru Sumurup Tuntang Menikmati Senja di Jembatan Biru Sumurup Tuntang Reviewed by Nandang Pitoyo on 22.01 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Berkomentarlah secara bijak, jangan melakukan SPAM

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.